Pengenalan Komputer

Komputer berasal dari bahasa Latin Computare yang berarti menghitung (dalam bahasa Inggris to compute dengan arti yang sama). Komputer adalah alat elektronik atau mesin yang dapat diprogram untuk menerima data dan mengolahnya menjadi informasi yang berguna.

Pengolahan data menggunakan computer dikenal pula dengan istilah Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronik Data Processing (EDP). 

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa proses pengolahan data terdiri dari tiga tahapan dasar yang biasa disebut siklus pengolahan data (data processing cycle), yaitu input, proses dan output

SEJARAH KOMPUTER

Dari pertama kali dibuat, computer telah mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat pesat. Kini computer tidak hanya untuk olah kata dan data, computer telah menjadi barang yang “serba bisa”. Kita bermain game, music, membuat animasi atau film, mengerjakan tugas dan lain-lain, semua dapat menggunakan computer

MESIN PENGHITUNG PERTAMA “KOMPUTER”

Masyarakat zaman dulu sudah banyak melakukan perhitungan angka dan pengolahan data. Untuk mencatat stok dan berdagang, mereka membuat simpul pada sebuah tali dan menulis tanda pada lembaran tanah liat. Selanjutnya, dengan semakin meningkatnya tingkat kerumitan perhitungan mereka pun mulai berpikir akan alat yang lebih cepat, andal dan akurat untuk menghitung dan menyimpan catatan.

Pada tahun 1641, Blaire Pascal dan ayahnya bekerja pada dinas pajak untuk pemerintah Prancis di Paris dan menghabiskan berjam-jam untuk menghitung jumlah pajak yang harus dibayar setiap warga Negara. Kemudian, Blaire Pascal memutuskan untuk membuat mesin yang mampu melakukan perhitungan secara cepat. Mesin yang dibuat Blaire memiliki delapan roda gear yang bekerja mirip dengan prinsip yang dilakukan pada edometer (semacam alat untuk menghitung kilometer yang ditempuh mobil atau motor). Namun, mesin ini masih sering mengalami masalah, yaitu sering macet, lambat dan mahal serta orang takut jika dengan adanya penggunaan mesin tersebut akan menggantikan pekerjaan mereka

Langkah besar dalam perkembangan computer berikutnya pun terjadi sekitar tahun 1830. Yaitu ketika Charles Babbage yang notabene adalah seorang ahli matematika yang mengajar di Universitas Cambridge Inggris, memutuskan untuk mengembangkan mesin yang dapat membantu menyelesaikan dan mencetak table matematika. Dia membuat mesin penghitung yang sangat mirip dengan computer yang kita ketahui hari ini. Mesin tersebut disebutnya dengan nama Mesin Analitikal. Sayangnya, Babbage meninggal sebelum menyelesaikan mesinnya. Karena atas jasanya, Babbage kemudian dikenal sebagai Bapak Komputer

Perkembangan computer pun belum terus berlanjut. Seorang yang bernama Herman Hollerith ikut berperan dalam perkembangan computer. Awalnya dia mengikuti kontes yang diadakan oleh biro sensus Amerika. Kontes tersebut diselenggarakan untuk mencari orang yang dapat mengembangkan mesin untuk menghitung dan mencatat informasi secara cepat. Hollerith membuat sebuah mesin yang dikenal dengan Mesin Tabulasi. Berkat alat itu, penghitungan sensus yang awalanya memerlukan waktu 7,5 tahun dapat dipersingkat dengan hanya 3 yahun saja. Bahkan dengan 13 juta responden yang ada pada saat itu. Melihat keberhasilan temuannya, Hollerith mendirikan sebuah perusahaan Mesin Tabulasi tahun 1896 yang kemudian dijualnya pada tahun 1911. Pada tahun 1912, perusahaan tersebut berganti nama menjadi International Bussines Machine atau yang sekarang popular dengan nama IBM

KUIS

Untuk menguji pengetahuan dan pemahaman anda silahkan kerjakan kuis berikut. Silahkan menuju link kuis

4 comments:

  1. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang diprogramkan mengolah data menurut perintah yang telah diprogram. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

    Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer meliputi: Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).

    Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang memproses informasi" atau "sistem pengolah informa.

    ReplyDelete
  2. Sejarah Perkembangan Komputer
    Perkembangan komputer Diawali dari penggunaan system tabung (Vacum Tube) kemudian transistor, Intreted Circuit (IC) dan Chip
    Generasi Pertama ( 1946 – 1950 )
    Dibuat tahun 1846 oleh Prof. Dr. Jhon W. Mauchly dan Prospek Eckert. Di University of Pennsylvania dan diberi nama ENIAC (Electrical Numerical Integration and Calculator).
    Generasi Kedua ( 1959 – 1964 )
    Generasi ini menggunakan Transistor sebagai komponen utama dengan menggunakan program FORTRAN, COBOL, ALGOL, Dengan ukuran kecil, lebih cepat, dan daya sedikit dibandingkan generasi pertama.
    Generasi Ketiga ( 1964 – 1970 )
    Generasi ini menggunakan Integrated Circuit ( IC ) sebagai komponen utamanya, kecepatannya 10.000 kali generasi pertama, kapasitas memori lebih besar, listrik kecil dan dapat komonikasi dengan komputer lain.
    Generasi Keempat ( 1970 – 1998 )
    Generasi ini menggunakan Large Scale Integration ( LSI ) atau pemadatan beribu – ribu IC menjadi Chip. Lsi dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) dengan menggabungkan ratusan Chip menjadi micro processor.
    Generasi Kelima ( 1998 … Sekarang )
    Generasi ini dipelopori oleh ICOT ( Institut for new Computer Tehnology ) dengan pengembangan VLSI pada Chip ke Josepshon Junction dan dapat memproses data pada scala triyun perdetik..

    ReplyDelete
  3. Izin bertanya pak, Bapak menjelaskan tentang, Pengolahan data menggunakan computer dikenal pula dengan istilah Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronik Data Processing (EDP).
    Saya ingin bertanya kepada bapak, bagaimana sistem pengolahan data di komputer agar berjalan efektif dan efisien?

    ReplyDelete
  4. Menurut saya, komputer sangat berperan penting dalam pekerjaan manusia, dikarena kan dapat membantu memudahkan suatu pekerjaan salah satunya dalam perhitungan angka dan pengolahan data. Dari sejarah mesin hitung pertama "komputer" banyak para ilmuan mencoba menemukan cara untuk memudahkan mereka dalam perhitungan angka dan pengolahan data, tentunya terjadi banyak kendala, salah satunya adalah ayah dari Pascal meninggal, kemudian muncul lagi pada tahun 1830 Charles Babage yang juga seorang ahli matematika juga mencoba membuat sejenis komputer yg kemudian di kenal dengan bapak komputer. Sehingga pada saat sekarang siapa yang tidak mengenal komputer?Hampir seluruh belahan dunia menggunakan komputer. Di pedesaan pun sudah menggunakan komputer. Komputer merupakan alat sosialisasi masyarakat seluruh dunia. Banyak keuntungan yang di peroleh menggunakan komputer, tetapi banyak juga kerugian yang diperoleh salah satunya muncul tindak criminal asusila. Pertanyaan saya, bagaimana jika komputer tidak diciptakan ? Apakah ada alat yang lain yang dapat memudahkan pekerjaan manusia? Terima kasih pak🙏

    ReplyDelete