Jenis Penelitian

Suatu penelitian dapat dikelompokkan berdasarkan sumber informasinya dua jenis, yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian  kualitatif. Beberapa buku juga menyebutkan bahwa penelitian dapat dikelompokkan dengan dasar yang lain, misalnya kegunaan penelitian, pendekatan, dan metode. Meski demikian, pengelompokan menjadi kuantitatif dan kualitatif adalah yang paling populer.


Penelitian Kuantitatif
Jenis penelitian kuantitatif atau pendekatan kuantitatif adalah penelitian yang menyandarkan angka-angka sebagai data. Umumnya angka-angka ini diperoleh dari hasil pengukuran. Proses analisis data dan penarikan kesimpulan pada suatu penelitian kuantitatif akan berdasarkan angka-angka.

Penelitian Kualitatif
Jenis penelitian kualitatif atau pendekatan kualitatif adalah penelitian yang menyandarkan kategori-kategori atau deskripsi-deskripsi sebagai data. Umumnya kategori-kategori ini diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, atau angket. Proses analisis data dan penarikan kesimpulan pada suatu penelitian kualitatif akan berdasarkan kategori-kategori tersebut. Karena tidak berdasarkan angka-angka tentu saja penelitian ini tidak melibatkan hitung-hitungan.

Materi Sebelumnya : Rencana Belajar
Materi Selanjutnya : Desain Penelitian

62 comments:

  1. Terimakasih atas materi yang sangat bermanfaat ini pak.

    ReplyDelete
  2. Dari penjelasan materi "jenis penelitian" yang di jelaskan di atas, saya bisa mengerti bahwa jika kita akan melakukan penelitian harus mengetahui dlu apa penelitian itu kuantitatif atau kualitatif, sehingga kita tidak salah menggunakan metode apa yg akan kita gunakan nanti

    Terimakasih atas penjelasan dan materinya pak, semoga ini bisa membantu teman2 yg lain juga 💪👍

    ReplyDelete
  3. Iya pak, saya sudah mencoba membaca materi yang bapak kasih walaupun itu dalam bahasa inggris, saya berusaha mencoba memahaminya.

    ReplyDelete
  4. materinya yang dijelaskan tentang berbagai jenis penelitian sangat bermanfaat sebagai acuan dalam belajar , terimakasih pak, sukses selalu

    ReplyDelete
  5. Dengan membaca materi ini, kita jadi tahu jenis-jenis penelitian, langkah-langkah penelitian dan bagaimana penelitian yang baik. terima kasih atas materinya pakk.

    ReplyDelete
  6. Saya baru tahu kalo ternyata ada banyak jenis penelitian selain kuantitatif dan kualitatif. Terima kasih materinya, menarik dan mudah dipahami.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih banyak atas postingan materinya pak. Saya jadi tahu apa saja jenis-jenis penelitian serta pengertian nya

    ReplyDelete
  8. Terimakasih atas materi ini pak. Materi ini sangat membantu saya dalam memahami jenis-jenis penelitian yang dapat dikembangkan dalam mata kuliah metodologi penelitian.

    ReplyDelete
  9. Terimakasih pak buat materinya, sangat membantu saya nantinya untuk membuat penelitian, bahwa sebuah penelitian dikatakan bagus jika memiliki tujuan yg jelas, prosedur yg rinci, Desain prosedur yg teliti, setiap data nantinya harus dengan kejujuran, dan metode analisis yg harus tepat.

    ReplyDelete
  10. Terimakasih pak. Materinya sangat bagus, saya jadi tau jenis penelitian dan pengelompokannya. Mantepp pak

    ReplyDelete
  11. Tentang research procces ada penjelasan nya pak?

    ReplyDelete
  12. Tentang research procces ada penjelasan nya pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 Merumuskan masalah penelitian
      2 Perluas literatur
      3 Membangun hipotesis
      4 Menyiapkan desain penelitian
      5 Menentukan Desain Penelitian
      6 Pengumpulan Data
      7 Laksanakan proyek penelitian
      8 Analysis Data
      9 Uji Hipotesis
      10 Interpretasi

      sudah cukup jelas

      Delete
  13. Terimakasih pak atas penjelasannya sekarang jadi lebih mudah dan lebih bisa membedakan jenis penenilitan.

    ReplyDelete
  14. Izin bertanya pak,
    Pada slide RESEARCH PROCESS disana ada proses dalam penelitian saya mau bertanya dalam poin2 tersebut poin nommor berapakah yg sangat oenting dalam proses penelitian?,
    Mau nanya satu lagi pak di slide good research saya mau bertanya kesalahan2 apa sajakah yg paling sering terjadi dalam penelitian sehingga tidak bisa disebut good research?
    Terima kasih pak

    ReplyDelete
  15. Beberapa hal yg dpt saya pahami dari materi kali ini yaitu : Menurut JohnW. Best Penelitian dianggap sebagai proses intensif yang lebih formal dan sistematis melakukan metode analisis ilmiah.
    Maka dari itu jenis penelitian dibagi menjadi dua yaitu kuantitatif dan kualitatif Dimana dengan dua penelitian ini dapat membantu proses penelitian agar lebih mudah dalam pengelolaan data penelitian yang sedang di lakukan. Proses penelitian ada 10 proses dan kriteria penelitian yang baik ada 7 point' dengan materi ini dapat membantu kamu dalam melakukan penelitian kedepannya menjadi penelitian yang baik. Terimakasih

    ReplyDelete
  16. Saya sudah membaca bagian jenis-jenis penelitian pak,kalo bisa materinya bahasa Indonesia juga pak, supaya mudah memahami. kalo bahasa Inggris saya harus pake Google translate dulu pak..
    hehehe

    ReplyDelete
  17. Nama : David Zain
    Npm : F1A017052
    Terima kasih atas materinya pak, menurut saya materinya sudah bagus, hanya saja berbahasa inggris jadi harus nerjemahkan dulu ke bahasa indonesia, hehe

    ReplyDelete
  18. terimakasih pak atas materi mengenai jenis penelitian ini pak dengan ini saya dapat mengetahui jenis dari penelitian juga saya dapat mengetahui kriteria dari penlitian yang baik itu seperti apa. materi ini sangat membantu saya dalam mata kuliah metodologi penelitian.

    ReplyDelete
  19. Terimakasih pak atas postingannya mengenai materi jenis penelitian, materi ini disampaikan dalam bahasa yang sederhana sehingga mampu dimengerti mengenai apa itu penelitian menurut para tokoh, jenis penelitian yang dikelompokkan 4 dasar, tindakan dalam penelitian, dan kriteria penelitian yang baik itu seperti apa. Materi ini membuat saya paham betapa pentingnya mempelajari penelitian khususnya dalam konteks akademis.

    ReplyDelete
  20. Terimakasih pak, materinya membantu saya memahami tentang jenis-jenis penelitian dan mengetahui penjabaran maksud dari membuat penelitian dari beberapa para ahli

    ReplyDelete
  21. Terima kasih atas materi jenis penelitian nya pak,materinya sdah saya baca dn ckup mdah di phami dn semoga ketika kami mlkukan pnltian nanti kami bsa mengingat materi yg bapak brikan sehingga kmi bsa dgn tpat menentukan jenis pnlitian apa yg akan kmi teliti dn bsa memenuhi aturan yg ada sehingga dpat mnjdi pnlitian yg baik dn bsa diterima oleh bnyk orng.

    ReplyDelete
  22. Terimakasih sebelumnya pak atas materinya

    ReplyDelete
  23. Materi jenis penelitiannya sudah saya baca dan insyaAllah bisa dipahami pak. Terimakasih pak🙏🏻

    ReplyDelete
  24. izin bertanya pak, apakah jurusan matematika atau penelitian tentang matematika harus menggunakan jenis penelitian kuantitatif?
    bisakah dalam satu kasus penelitian terdiri dari 2 jenis penelitian, kuantitatif dan kualitiatif, atau harus salah satunya?

    terimakasih sebelumnya pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo berdasarkan jenis datanya, bisa saja jenis kuantitatif. Tapi anda juga bisa memilih jenis penelitian dengan kategori yang lain, yaitu pure atau applied

      Delete
  25. Pada materi penelitian yang diberikan sangat rinci, dari pengertian peneliti menurut beberapa ilmuan,, jenis-jenis penelitiannya, proses penelitian dan bagaimana penelitian yang baik dijelaskan dengan poin yang mudah dipahami. Poin-poin yang diberi sangat membantu sekali untuk materi ini.

    ReplyDelete
  26. Terimakasih pak, Materi jenis penelitian yang diberikan dapat membantu saya dalam membedakan jenis penelitian apa yang dapat digunakan dalam proses sebuah penelitian👍

    ReplyDelete
  27. Terima kasih pak. Materinya sangat bagus dan membantu. Saya jadi tahu apa saja jenis-jenis penelitian, proses penelitian serta kriteria penelitian yang baik.

    ReplyDelete
  28. Terimakasih banyak pak. Materinya sangat jelas dan membantu. Alhamdulillah setelah membaca materi bapak, saya sekarang mengetahui perbedaan jenis penelitian dan kriterianya masing - masing.

    ReplyDelete
  29. Terimakasih Pak atas materi yang telah di posting, sangat bermanfaat dan membantu dalam memahami jenis-jenis penelitian seperti penelitian kualitatif dan kuantitatif, penelitian fundamental dan eksperimental, penelitian longitudinal, penelitian filsafat, penelitian historis, penelitian survei, penelitian studi kasus, dsb. dan saya juga dapat mengetahui bagaimana proses penelitian seperti merumuskan masalah penelitian, susvei, mengembangkan hipotesis, mempersiapkan desain penelitian, menentukan desain penelitian, mengumpulkan data penelitian, eksekusi proyek,analisis data, pengujian hipotesis, generalisasi dan interpretasi. Saya juga dapat mengetahui bagaimana penelitian yang bagus seperti tujuan penelitian harus jelas, prosedur penelitian yang digunakan harus dijelaskan secara terperinci, dsb.

    ReplyDelete
  30. Point2 yang dijelas kan dalam materi cukup membantu kami dalam memahami materi, dan bahasa yang digunakan cukup mudah di pahami atau tidak terbelit2. Terima kasih materi dan penjelasannya pak

    ReplyDelete
  31. Terimakasih pak sudah memberi pemaparan tentang research mulai dari penelitian menurut para ahli, tipe tipe penelitian, proses penelitian dan penelitian yang baik, dengan begitu saya menjadi paham. Semoga nanti saya bisa membuat suatu researc dengan baik pak.

    ReplyDelete
  32. Materi yang disampaikan mengenai jenis2 research pada setiap slide Cukup detail dengan membahas pengertian research dari berbagai menurut para ahli, penjelasan 4 jenis dari berdasarkan bagiannya dan proses research dengan tahapan2nya

    ReplyDelete
  33. Terima Kasih banyak pak atas materi yang telah diberikan🙏🏻, dari materi ini kita dapat mengetahui tentang jenis-jenis penelitian yang mana ada terdiri dari 2 yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Serta dilengkapi juga dengan proses penelitian yang baik untuk digunakan dari 2 jenis penelitian yang telah kita ketahui..

    ReplyDelete
  34. Terimakasih pak untuk materi yang telah diberikan, materi jenis penelitian ini sangat membantu untuk memberi gambaran kepada mahasiswa dalam memilih jenis penelitian yang akan dikerjakan dikemudian hari

    ReplyDelete
  35. Dari penjelasan materi diatas saya menjadi tahu tentang jenis-jenis dari penelitian, juga perbedaan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif.. Terima Kasih Pak untuk materi yang diberikan, ini sangat membantu saya dan menjadi pengetahuan baru untuk saya jika ingin melakukan penelitian

    ReplyDelete
  36. Terima kasih atas penjelasannya tentang jenis-jenis penelitian, semoga kami para mahasiswa dapat memahami dan menerapkannya langsung saat melakukan penelitian, skripsi, atau yang sejenisnya.

    ReplyDelete
  37. Saya doni stiawan pak, izin bertanya untuk jenis penelitian ini yang lebih akurat dalam hasil penilitiannya yang mana ya pak? Yang kuantitatif apakah kualitatif?

    ReplyDelete
  38. Terimakasih pak materinya, dengan materi ny saya jadi tau tentang jenis2 penelitian..

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Pak
    Terimakasih atas materinya pak. Setelah saya baca saya sedikit mengerti tentang materi jenis penelitian ini. Tapi ada yang kurang paham pak.

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. terimakasih pak materi jenis penelitian ini sangat membantu saya untuk memilih jenis penelitian apa kedepanya.

    ReplyDelete
  42. terimakasih pak materi jenis penelitian ini sangat membantu saya untuk memilih jenis penelitian apa kedepanya.

    ReplyDelete
  43. I want to thank you very much for the material you gave me. They are brief and intense and easy to understand. Where this material came from I found out what research means to some experts, types of research,On the basis of method of research, research proces, criteria goos research. It's just that I need more time to translate this material discussion and the allotted time limit was very less for me.

    thankyou

    ReplyDelete
  44. untuk materi jenis penelitian sudah saya baca pak, terimakasih pak atas power pointnya
    semoga keadaan lekas membaik agar bisa kuliah seperti biasanya aamiin yaAllah

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. Izin bertanya pak, pada RESEARCH PROCESS kan terdapat poin2 disana dan saya mau tanyakan yg paling terpenting dalam penelitian di poin berapa dan juga di good research kesalahan apa saja yg sering di lakukan sehingga tidak termasuk ke good research?,
    Terima kasih pak

    ReplyDelete
  48. Terima kasih atas materi jenis penelitiannya pak,materinya sngt mmbntu untuk melakukan penelitian. Semoga saat mlkukan pnlitianbkami bsa mmbdkan jenis penelitiannya dn bsa menjadi penelitian yg baik

    ReplyDelete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Terima kasih atas materinya pak,materinya sangat bermanfaat untuk banyak kalangan.Materi jenis penelitian menjelaskan bahwa penelitian ini dibedakan berdasarkan sifat informasi(penilitian kuantitatif dan kualitatif),atas dasar manfaat konten atau sifat(penelitian dasar/murni/teoritis dan penelitian eksperimental ),penelitian atas dasar pendekatan penelitian(penelitian longitudinal,penelitian cross-sectional dan penelitian survei.

    ReplyDelete
  51. Assalamualaikum pak.
    Izin bertanya
    Untuk bagian materi jenis penelitian ini, kita harus menentukan seperti apa data yg harus kita ambil kan pak saat melakukan penelitian, atau kita bisa konsultasi pada dosen pengampu untuk saran dalam mengambil judul penelitiannya pak? Dan bila salah satu proses dalam rencana penelitian tidak terpenuhi, apakah penelitian kita masih bisa dilanjutkan pak?
    Terima kasih pak.

    ReplyDelete
  52. Terima kasih atas materi jenis penelitian ini pak.yang dimana materi ini memberitahukan bagaimana tipe-tipe penelitian,proses penelitian,serta penelitian yang baik.materi ini cukup mudah untuk dipahami oleh mahasiswa yang mempelajari metodologi penelitian ini.

    ReplyDelete
  53. Dari materi ini menambah lg ilmu pak . Tapi sedikit lebih lama memahaminya karna menggunakan bahasa inggris . Tpi untuk isinya saya mengerti dan memahaminya pak.

    ReplyDelete
  54. Assalamualaikum. Saya indah islam mirantih.
    Terimakasih atas materi yang bapak berikan. Setelah membaca materi tersebut jadi mengetahui jenis penelitian dan kriteria tiap jenisnya

    ReplyDelete