Integral Lipat Dua

Ringkasan:
Suatu fungsi dua variabel f(x,y) yang kontinu pada persegi panjang S={(x,y): a≤x≤b; c≤y≤d} dapat diintegrasikan pada bidang tersebut. Integral fungsi dua variabel f(x,y) terhadap suatu luasan A(R) dinamakan integral lipat.
Konsep Integral Lipat
Konsep integral lipat dibangun berdasarkan persegi panjang S yang dipartisi penjadi persegi panjang yang kecil kecil dan ditentukan luasnya. Penjumlahan bentuk perkalian f(x,y) ΔA untuk semua partisi merupakan aproksimasi dari integral lipat dua dalam koordinat cartesius. Apabila partisi persegi panjang sangat kecil sehingga mendekati 0 maka integral lipat dua akan sangat dekat dengan penjumlahan bentuk f(x,y) ΔA.
 

Integral Berulang
Integral lipat dua dalam koordinat cartesius dapat dihitung dengan integral berulang dengan urutan dx dy atau sebaliknya dy dx  asalkan betasnya sesuai. Konsep integral berulang dapat dimaknai sebagai proses integrasi suatu fungsi dua variabel f(x,y) terhadap x dilanjutkan terhadap y, atau sebaliknya.

Download PDF
Materi Sebelumnya : Aturan Rantai
Materi Selanjutnya : Integral Lipat 2 Koordinat Polar

4 comments:

  1. Terima kasih pak. Dengan adanya postingan ini sangat membantu kami sebagai mahasiswi dalam pemahaman belajar tentang integral lipat dua.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak. Dengan adanya postingan ini sangat membantu kami sebagai mahasiswi dalam pemahaman belajar tentang integral lipat dua.

    ReplyDelete
  3. Blog ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai mahasiswa/i di jurusan pendidikan mtk karena agak mudah dimengerti. Materinya sdh diringkas berdasarkan poin-poin intinya.

    ReplyDelete
  4. Blog ini sangat membantu mahasiswa memahami isi materi pelajaran dengan mudah .karena telah dibuat lebih rinci oleh bapak, terima kasih pak semoga blog ini dapat dilihat oleh semua mahasiswa universitas lainnya.

    ReplyDelete