Kumpulan Soal

Kumpulan Soal

Halaman ini menyediakan tautan soal-soal UTS dan UAS. Jika beruntung, Anda dapat memperoleh soal yang update.

Tuesday, February 19, 2019

Jenis Penelitian

Ringkasan:
Suatu penelitian dapat dikelompokkan berdasarkan sumber informasinya dua jenis, yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian  kualitatif. Dua jenis penelitian ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Istilah jenis penelitian umumnya mengarah pada dua konsep ini. Hal ini merujuk pada kenyataan bahwa data yang diperoleh dapat berupa angka-angka dan kategori-kategori.


Penelitian Kuantitatif
Jenis penelitian kuantitatif atau pendekatan kuantitatif adalah penelitian yang menyandarkan angka-angka sebagai data. Umumnya angka-angka ini diperoleh dari hasil pengukuran. Proses analisis data dan penarikan kesimpulan pada suatu penelitian kuantitatif akan berdasarkan angka-angka.

Penelitian Kualitatif
Jenis penelitian kualitatif atau pendekatan kualitatif adalah penelitian yang menyandarkan kategori-kategori atau deskripsi-deskripsi sebagai data. Umumnya kategori-kategori ini diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara, atau angket. Proses analisis data dan penarikan kesimpulan pada suatu penelitian kualitatif akan berdasarkan kategori-kategori tersebut. Karena tidak berdasarkan angka-angka tentu saja penelitian ini tidak melibatkan hitung-hitungan.

Materi Sebelumnya : Dasar-dasar Penelitian
Materi Selanjutnya : Subjek-Objek & Variabel

1 comment:

  1. Dari materi yang saya dapatkan dari atas, penelitian itu terdiri dari beberapa bagian, salah satunya jenis penelitian tersebut, dan jenis penelitian itu dibagi jadi 2 yang mana terdiri dari penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif yang mana penjelasannya sudah tertera pada materi tersebut. terimakasih untuk matrinya pak.

    ReplyDelete

Populer