Penyajian Data

Ringkasan:
Suatu data  yang telah diperoleh dari penelitian setelah dilakukan editing, coding, dan tabulasi akan ditampilkan pada laporan penelitian. Menampilkan data pada laporan tentu saja harus orisinal dan menarik. Umumnya data hasil penelitian ditampilkan berupa daftar distribusi frekuensi, histogram dan poligon.
Daftar Distribusi Frekuensi
Daftar distribusi frekuensi adalah sebuah tabel untuk menampilkan frekuensi dari suatu kategori nilai. Daftar distribusi frekuensi dapat berupa data tunggal dan data kelompok. Untuk data kelompok biasanya daftar distribusi frekuensi disusun dengan menggunakan aturan Sturges, yaitu banyak kelas b=1+3,3 (log n).

Histogram
Histogram adalah diagram batang yang menampilkan data yang sudah berbentuk daftar distribusi frekuensi. Pada histogram terdafat dua sumbu, yaitu x dan y. Sumbu x untuk menuliskan kategori dan sumbu y untuk frekuensi.

Poligon
Poligon adalah diagram garis yang menampilkan data yang sudah berbentuk distribusi frekuensi. Secara bahasa poligon berarti segi banyak. Garis patah-patah yang merupakan sisi-sisi segi banyak dapat didekati lengkungan halus yang disebut kurva frekuensi. Kurva frekuensi selanjutnya dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana persebaran frekuensi.

Download PDF
Materi Sebelumnya : Rencana Pembelajaran
Materi Selanjutnya  : Ukuran Pemusatan

No comments:

Post a Comment