Limit Fungsi

Ringkasan:
Konsep pertama yang dikenalkan dalam kalkulus adalah limit dari suatu fungsi. Sebuah fungsi dapat memiliki limit atau tidak memiliki limit. Konsep limit menentukan apakah suatu fungsi kontinu atau tidak pada titik tertentu. Konsep ini juga nantinya menentukan apakah suatu fungsi memeiliki turunan dan terintegrasikan.

Limit = Pendekatan
Limit suatu fungsi f(x) pada saat x mendekat ke c merupakan sebuah nilai pendekatan dari fungsi pada saat x mendekat ke c baik dari arah kiri ke kanan maupun dari arah kanan ke kiri.

Dikatakan pendekatan karena fungsi tersebut memang tidak akan pernah menyentuh nilai tersebut jika variabel x hanya kemdekat ke c. Konsep pendekatan fungsi berbeda dengan konsep nilai fungsi. Hal ini karena nilai fungsi diperoleh dengan cara memberikan nilai pada suatu fungsi pada saat x=c sedangkan pendekatan fungsi diperoleh dengan cara mencari nilai yang dituju fungsi pada saat x menuju c.

Teorema Ketunggalan Limit
Jika suatu fungsi memiliki limit pada saat x mendekat ke c maka limit fungsi tersebut adalah sebuah nilai yang tunggal.

Teorema ini membawa konsep bahwa suatu fungsi memiliki limit pada saat x mendekat ke c jika limit kirinya sama dengan limit kanan.

Download PDF

Materi Sebelumnya :
Materi Selanjutnya  :

No comments:

Post a Comment