Salam Kami

Sunday, March 29, 2020

Desain Penelitian

Suatu penelitian yang baik dapat terlaksana dengan desain yang tepat. Desain penelitian menunjukkan pada arah atau tujuan penelitian. Desain yang salah menyebabkan tidak jelasnya arah penelitian. Hal ini tentu saja menyebabkan tingkat kepercayaan publik terhadap hasil penelitian menjadi sangat rendah.

Ada banyak cara mengelompokkan desain penelitian, misalnya berdasarkan sifat penelitian, periode, dan jumlah kontak dengan populasi. Berdasarkan sifat penelitian, ada atau tidaknya intervensi peneliti, terdapat dua desain penelitian, yaitu eksperimental dan non-eksperimental. Suatu penelitian yang dilaksanakan dengan melakukan perlakuan atau tidak memberikan perlakuan terhadap suatu populasi . Atas dasar inilah dua garis besarini disusun.

Desain Eksperimental
Desain penelitian eksperimental adalah desain penelitian dengan memberikan perlakuan pada populasi. Peneliti akan menyelidiki apa yang akan terjadi jika dilakukan sutu treatmen.

Desain Non-Eksperimental
Desain penelitian non-eksperimental adalah desain penelitian tanpa memberi perlakuan pada populasi. Peneliti akan menyelidiki apa yang menyebabkan suatu fakta terjadi.

Download PDF

Materi Sebelumnya : Jenis Penelitian
Materi Setelahnya   : Teknik Sampling

64 comments:

  1. Berdasarkan penjelasan diatas saya mengerti bahwa pada suatu penelitian itu hrus menggunakan desain yg tepat dan msih terbagi2, terimaksih atas sebelumnya Pak sehingga saya bisa menggunakan materi bapak untuk referensi belajar saya pada metopen ini, disana jg tersedia file dlm bentuk pdf yg bisa saya download ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas materi yang sangat bermanfaat ini pak

    ReplyDelete
  3. Iya pak, terima kasih atas materi-materinya yang telah bapak kasih, ini sangat bermanfaat dan saya akan mencoba memahami materi tersebut.

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas materinya pak, dari materi tadi saya menjadi tau bahwa dalam penelitian ada beberapa cara pengelompokkan desain penelitian..

    ReplyDelete
  5. Terimakasih pak materinya, dari materi tersebut saya mengerti bahwa kita dapat menyelidiki fenomena berdasarkan periode waktu 1. Retrospektif yang menyelidiki fenomena yg terjadi di masa lalu, 2. Prospektif yang menyelidiki fenomena yg kemungkinan terjadi di masa yg akan datang dan 3. Retrospektif – Prospektif yang fokus pada tren masa lalu dalam suatu fenomena dan mempelajarinya ke masa depan.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih pak materinya, dari materi tersebut saya mengerti bahwa kita dapat menyelidiki fenomena berdasarkan periode waktu 1. Retrospektif yang menyelidiki fenomena yg terjadi di masa lalu, 2. Prospektif yang menyelidiki fenomena yg kemungkinan terjadi di masa yg akan datang dan 3. Retrospektif – Prospektif yang fokus pada tren masa lalu dalam suatu fenomena dan mempelajarinya ke masa depan.

    ReplyDelete
  7. Yang dapat saya simpulkan dari materi ini adalah desain penelitian itu sama dengan strategi penelitian untuk mencapai suatu penelitian yang baik.

    ReplyDelete
  8. yang paling saya ingat adalah tentang good research desain. karena menurut saya penelitian yang baik harus punya desain penelitianyang baik juga

    ReplyDelete
  9. Terimakasih atas postingan materi desain penelitian, materinya sangat bermanfaat pak

    ReplyDelete
  10. Terimakasih pak. Materinya sangat bagus, saya jadi tau bagaimana caranya membuat penelitian yang baik dengan desain penelitian yang menarik. Dan dijelaskan juga cara mengelompokkan desain penelitian.

    ReplyDelete
  11. Retrospective dan rospective dilihat dari mana pak?

    ReplyDelete
  12. Terimakasih pak postingannya sangat bermanfaat dan membantu sekarang jadi tahu bahwa penelitian itu harus dengan disain yang tepat agar penelitian yang dilakukan jelas.

    ReplyDelete
  13. Terimakasih atas materi desain penelitian ini pak. Materi ini sangat menarik dan bermanfaat, dimulai dari tujuan desain, desain yang baik dan juga jenis-jenis desain yang ada dalam materi ini.

    ReplyDelete
  14. Nama :David Zain
    Npm :F1A017052
    Terima kasih atas materinya pak, penjelasan desain penelitiannya sudah bagus, hanya saja berbahasa inggris jadinya harus nerjemahkan dulu ke bahasa indonesia, hehe

    ReplyDelete
  15. terimakasih atas materi mengenai desain penelitian ini pak sehingga saya dapat mengetahui bahwa dalam sebuah penelitian diperlukan adanya desain penelitian yang akan membawa tujuan dari penelitian tersebut. saya juga dapat mengetahui jenis dari desain penelitian ini.

    ReplyDelete
  16. Terimakasih pak, dari materi ini saya dapat mengetahui bahwa desain penelitian suatu kerangka kerja yg digunakan sebagai panduan dalam mengumpulkan dan menganalisis data, serta memberikan informasi tentang maksud dan tujuan dalam membuat desain penelitian

    ReplyDelete
  17. Materinya sangat membantu, karna saya dapat mengetahui pengertian, maksud dan tujuan dalam membuat desain penelitian, terimakasih pak

    ReplyDelete
  18. Izin bertanya pak,
    Dari penjelasan di slide ttng desain penelitian saya mau bertanya dari semua penjelasan yg saya mau tanyakan palinf banyak digunakan dalam penelitian menggunakan desain penelitian apa?,
    Terima kasih atas materi nya hati ini pak

    ReplyDelete
  19. postingan materi desain penelitian sangat membantu dalam proses pembelajaran metode penelitian. saya menjadi paham bahwa dalam melakukan penelitian, kita memerlukan desain penelitian sebagai panduan dalam mengumpulkan dan menganalisis data, dan masih banyak lagi tujuan dari desain penelitian. Terimakasih pak, semoga materi yang diposting menambah semangat mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah metode penelitian.

    ReplyDelete
  20. Baik pak terimakasih, untuk materinya sudah saya baca.

    ReplyDelete
  21. Desain penelitian merupakan langkah dalam membuat prosedur dan metode dalam melakukan penelitian, desain penelitian yang baik akan memudahkan penelitian yg kita lakukan, dalam materi kali ini kita di ajarkan bisa membuat desain penelitian yang baik sehingga proses penelitian dapat dilakukan dengan mudah kedepannya, materi kali ini sangat membantu dalam pembuatan dan pengenalan bagaimana desain penelitian yang baik itu seperti apa sehingga dapat dipahami dengan baik oleh para pembaca.

    ReplyDelete
  22. terimakasih penjelasannya pak. dengan adanya materi ini saya menjadi tahu bahwa penelitian pun juga menggunakan desain penelitian.

    ReplyDelete
  23. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pak.
    Terima kasih atas materi tentang desain penelitian nya pak, setelah mmbca materi ini mmbuat saya lbih mmhami tntng langkah2 untuk mlkukan pnlitan.

    ReplyDelete
  24. Materinya sudah saya baca pak, terimakasih pak๐Ÿ™๐Ÿป

    ReplyDelete
  25. Terimakasih kasih pak sudah memberi materi tentang pemaparan research design atau desain penelitian dengan jelas dan mudah dipahami yaitu mulai dari definisi, pendapat para ahli, tujuan, kriteria research design yang baik, common research design dan penjelasan lainnya juga.

    ReplyDelete
  26. Terimakasih untuk materi ini pak.
    Sangat bermanfaat sebagai wawasan dalam memulai penelitian

    ReplyDelete
  27. Izin bertanya pak saya doni stiawan, untuk yang studi kasus apakah narasumber nya hanya 1 orang atau boleh lebih?

    ReplyDelete
  28. Terima kasih pak. Materinya sangat membantu dalam proses pembelajaran metodelogi penelitian. Saya jadi tahu bahwa penelitian juga memerlukan desain serta kriteria-kriterianya.

    ReplyDelete
  29. Pokok materi yg kedua tentang desain penelitian sudah saya baca..
    Terimakasih materinya pak,,

    ReplyDelete
  30. Terimakasih banyak atas materinya pak.
    Setelah membaca materi desain penelitian, saya menjadi sadar akan pentingnya membuat desain penelitian

    ReplyDelete
  31. Terimakasih Pak atas materi yang diberikan, sangat bermanfaat sebagai persiapan bagi yang mau melakukan penelitian.

    ReplyDelete
  32. Terimakasih pak untuk materi yang telah diberikan. Materinya sangat membantu kami selaku mahasiswa dan juga materinya mudah di pahami

    ReplyDelete
  33. Terimakasih pak, setiap slide sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  34. Terima kasih pak atas materi yang telah diberikan๐Ÿ™๐Ÿป, sudah saya baca dan dari materi kali ini yaitu dengan judul desain penelitian dapat diambil sedikit kesimpulan yaitu desain penelitian ini sangat penting untuk kita mengetahui arah dan tujuan dari suatu penelitian. Sangat berguna untuk saya dan menambah wawasan saya untuk menyusun skripsi ataupun mengikuti lomba karya tulis.. Terimakasih banyak pak๐Ÿ™๐Ÿป

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skripsi, tesis, desrtasi, bahkan karya ilmiah sederhana hendaknya menggunakan metodologi ilmiah

      Delete
  35. Terimakasih pak materinya, dengan materi ny saya jadi tau tentang desain penelitian..

    ReplyDelete
  36. Terimakasih pak untuk materinya, materi ini sangat membantu dalam memulai penelitian

    ReplyDelete
  37. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Pak
    Terimakasih atas materi Desain Penelitian pak. Dengan materi tersebut dapat membantu proses belajar online ini. Walaupun masih ada yang kurang paham .
    Terimakasih pak

    ReplyDelete
  38. terimakasih untuk materi desain penelitian ini, membantu saya untuk tahu bagaiamana desain penelitian yg lebih baik

    ReplyDelete
  39. terimakasih untuk materi desain penelitian ini, membantu saya untuk tahu bagaiamana desain penelitian yg lebih baik

    ReplyDelete
  40. Terima kasih pak,, Saya baru tahu ternyata dalam penelitian itu juga ada yang namanya desain penelitian,dan banyak cara yg bisa digunakan dalam mengelompokan desain penelitian itu,, materi yang sangat bermanfaat dan membantu bagi saya.

    ReplyDelete
  41. terimakasih pak untuk materi desain penelitian sudah saya baca pak , dengan power point ini sedikit membantu dalam proses belajar online ini , terimakasih pak sekali lagi power point nya sangat bermanfaat untuk saya dan teman teman yang lain

    ReplyDelete
  42. Trimakasih banyak untuk materi ini pak.Dari Materi ini saya mengetahui beberapa jenis desain penelitian. Menurut saya sendiri akan lebih mudah dipahami apabila diberikan vidio penjelasan materi ini dalam bahasa indinesia. Trimakasih

    ReplyDelete
  43. Terima kasih atas materi tentang desain penelitiannya pak. Setelah mmbaca materi tntng jenis penelitian dn desain penelitian mmbuat saya lebih mengerti langkah2 untuk melakukan penelitian.

    ReplyDelete
  44. Terima kasih pak
    Materi tentang desain penelitian ini membuat saya mengetahui bahwa dalam penelitian kita jg harus mendesainya yaitu mengetahui langkah-langkah dalam penelitian serta agar kita tidak salah dalam penelitian yang akan kita buat

    ReplyDelete
  45. Assalamualaikum pak.
    Terima kasih atas materi tentang desain penelitian ini pak, menyempurnakan lagi pemahaman tentang jenis penelitian, walaupun ada bagian yang kurang jelas, tapi masih bisa sedikit dipahami. Terima kasih pak.

    ReplyDelete
  46. Izin bertanya pak untuk dalam studi kasus dalam pengumpulan data hanya berpacu 1 narasumber saja apakah boleh lebih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya Study kasus digunakan untuk penelitian sosial yang datanya akan disajikan dalam bentuk naratif deskritptif. Responden bisa saja satu orang atau lebih.

      Delete
  47. Terima kasih atas materi tentang desain penelitian pak, walau saya cukup kesulitan mencerna karena bahasa inggris, tapi lebih kurang saya paham sedikit2 tentang materi tersebut

    ReplyDelete
  48. Untuk materi kali ini membahas tentang tujuan desain penelitian (beberapa poinnya kurang mengerti), gambar yang diberikan sangat sederhana dri segi penjabaran desain penelitian umum kadang sulit dipahami dari segi materi. tapi dengaan gambar bisa saja pemahamannya keliru. jadi untuk materi seperti ini alangkah baiknya dibhas dengan video atau penjelasan khusus.

    ReplyDelete
  49. Izin bertanya pak,
    Mengenai desain yg trlah di jelaskan desai apa yg sering digunakan dalam penelitian?
    Terima kasih atas materinya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matematikawan sering menggunakan desain : eksperimental, non-eksperimental, trend study, prospektif, retrospektif

      Delete
  50. Terima kasih atas materinya pak,penjelasan materi desain penelitian sangat lengkap dan terstruktur pak.disini juga dijelaskan bahwa rancangan riset yang baik itu harus memenuhi kriteria objektivitas,dapat diandalkan,keabshan,informasi yang memadailexibility,adaptability,dan eciabilitas.

    ReplyDelete
  51. Terima kasih atas materinya pak,penjelasan materi desain penelitian sangat lengkap dan terstruktur pak.disini juga dijelaskan bahwa rancangan riset yang baik itu harus memenuhi kriteria objektivitas,dapat diandalkan,keabshan,informasi yang memadailexibility,adaptability,dan eciabilitas.

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. Baik pak.terima kasih untuk materi desain yang bapak berikan.ini materi yang cukup mudah untuk dipahami.dimana materi ini mengajarkan tentang kriteria-kriteria desain penelitian yang umum.dan ini adalah salah satu materi yang dibutuhkan mahasiswa untuk penelitian,agar seseorang yang sedang penelitian tidak salah langkah dalam mengambil keputusan.

    ReplyDelete
  54. Di materi yang ini juga pak saya lama mengerti mksudnya karna menggunakan bahasa inggris . Tpi saya paham isinya pak . Dan untuk pertanyaannya pak . Desain yg seperti apa yang sering digunakan dalam materi penelitian ini pak .

    ReplyDelete
  55. Silahkan baca-baca materi, Nanti malam KUIS. Kalo kuis sekarang nanti kalian gak bisa jawab soal.
    Peraturan KUIS:
    1) Dilaksanakan online, saya akan share linknya nanti malam disini (kira-kira pukul 20).
    2) Jumlah soal 20, materinya jenis dan desain penelitian
    3) Waktu pengerjaan 15 menit
    4) Jangan telat submit, karena telat submit berarti sama saja tidak ngumpul ujian

    ReplyDelete
  56. Assalamualaikum. Saya indah islam mirantih
    Terimakasih atas materi pak bapak berikan. Setelah membaca materi tersebut, saya baru sadar akan pentingnya membuat desain penelitian yang baik

    ReplyDelete
  57. Terimakasih atas materi yang bapak berikan pak.

    ReplyDelete
  58. Untuk kuis, silahkan menuju link ini
    https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfQtTC8ASFM_MzTk4lnkwjKTzX9nmVpTgRmKjT632ktpKeA8A/viewform

    ReplyDelete

Populer